Halo kawan,Anda belum terdaftar di forum ini
Segera daftar gratis Klik Disini
Belajarlah bisnis sejak dini untuk masa depan anda
Results 1 to 57 of 57

Thread: Peluang usaha berBISNIS OPTIK KACAMATA

  1. #1
    Moderator in training
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    37

    Arrow Peluang usaha berBISNIS OPTIK KACAMATA


    “Berdasarkan data di bagian Departemen Perindustrian,maka terdapat usaha untuk menaikkan perkembangan perindustrian optik nasional agar dapat menguasai pangsa pasar lokal yang nilaninya mencapai 6 triliun Rupiah dikarenakan sekitar 80 jt orang di Indonesia ini memakai kacamata”,
    Dari kenyataan inilah yang menunjukkan betapa peluang usaha di dunia industri optik sangatlah bagus dan cerah . Apalagi bila dihitung jumlah keuntungan setiap frame kacamata yang mana setiap harga jual kacamata minimal berkisar 25% sampai 300 % dari harga beli. Akan tetapi, Anda sebagai penjual harus benar-benar mengerti dan tahu produk mana yang dapat dijual dengan cepat serta menghasilkan keuntungan 35 %, 50 %, 100 %, 200 % dan lebih besar lagi.

    Para calon pembeli bisa berdatangan dari kelas dan karakter yang berbeda-beda, ada calon pembeli dari kelas atas ,dimana pembeli tersebut menginginkan kacamata dengan desain dan kualitas terbaik ,dan juga ada pembeli yang baru pertama memakai kacamata,dimana calon pembeli ini biasanya mementingkan harga murah dengan kualitas terbaik.

    Panduan awal memulai Bisnis
    langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis pemula di dunia optik kacamata, sebagai berikut :

    1. Belajar tentang ilmu peroptikan seperti refraksi pada mata, kualitas barang optik , dan lainnya). Ilmu ini mutlak wajib dikuasai oleh seorang pebisnis di bidang optik, jika anda ingin bisnis optik anda ini ingin bertahan lama dan berjalan baik seperti yang diharapkan. Kecuali, bila anda memiliki orang kepercayaan yang memang ahli atau memiliki pengalaman di bidang optic sebelumnya.

    2. Memiliki peralatan periksa mata (trail lens) dan beberapa buah contoh frame. Disini juga anda diharapkan mampu menguasai bagaimana cara membedakan antara barang berkualitas dan kurang berkualitas.Sebagai bahan m***kan,bahwa zaman dahulu orang membeli kacamata, lebih mementingkan segi kualitas. Tapi berbeda dengan sekarang, selain orang membeli dari segi kualitas, mereka juga peduli dengan model dan tren terbaru.

    3.Mendapatkan harga bagus atau harga miring dengan kualitas tetap terjamin dari Grosir atau distributor kacamata.

    4.Membuat strategi pemasaran yang efektif tentang sasaran atau pasar yang akan dim***ki ( orang dengan umur 40 tahun ke atas / anak sekolah atau mahasiswa / instantsi perusahaan / bekerja sama dengan dokter kacamata ) atau menentukan bagaimana pemasaran kedepan, Apakah menggunakan direct selling atau yang lainnya

    Hambatan atau masalah dalam bisnis ini

    1. Sulitnya menemukan sales yang dapat meyakinkan orang untuk membeli serta keluwesan dalam menghadapi calon pembeli.

    2. Kurangnya SDM yang memang ahli di bidang refractionist optician, yaitu orang yang menguasai refraksi mata ,seperti dengan pentingnya seorang apoteker di sebuah apotik. Kehadiran seorang refractionist optician di sebuah optik menjadi syarat mutlak guna mendapatkan izin dari Depkes.

    3. Kesulitan dalam mencari supplier / distributor frame atau lensa dengan harga yang benar benar murah di setiap kota. Anda dapat memanfaatkan sarana internet untuk mencari distributor dengan harga termurah dikarenakan semua pebisnis optik tidak akan ada yang mau memberitahu anda di mana mereka mendapatkan barang dagangannya dengan harga murah.

    Strategi penting dalam bisnis ini
    Anda harus aktif dalam menjemput bola dengan cara mensosialisasikan produk anda ke instansi pendidikan atau perusahaan dimana anda akan mendapat peluang serta kemudahan dalam pema*saran produk.
    Jika desain kacamata adalah milik buatan anda sendiri maka mensponsori acara fashion show merupakan hal yang tepat dikarenakan kacamata sekarang bukan hanya digunakan untuk membantu penglihatan namun sebagai pertimbangan dalam fashion
    Sering Beriklan di koran dan majalah lifestyle serta menjadi sponsor dalam kegiatan yang diikuti oleh instansi pendidikan serta perusahaan .

    Sales produk anda harus menguasai setiap produk yang anda miliki dan dapat meyakinkan calon pembeli untuk membeli kacamata yang dia butuhkan

    Berikan pelayanan dan produk terbaik kepada pelanggan dengan memberikan produk yang tepat serta pendapat secara jujur apakah pelanggan anda cocok memakai kacamata tersebut.
    Attachments Pending Approval Attachments Pending Approval

  2. #2
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    114
    wah bagus nih gan, kacamata sekarng banyak digunain, buat sekedar gaya ampe yang benar benar butuh

    Rata2 banyak tuh anak muda mudi yang pake kacamata buat gaya gayaan

  3. #3
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    110
    Quote Originally Posted by cahmumed View Post
    wah bagus nih gan, kacamata sekarng banyak digunain, buat sekedar gaya ampe yang benar benar butuh

    Rata2 banyak tuh anak muda mudi yang pake kacamata buat gaya gayaan
    Bener jg tuh gan..
    tapi keknya yang bisa paling laku kalau bisnis kaca mata it di dalam mall ya..
    karna disitu yg ane liat yg lebih ramai..

  4. #4
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    114
    Quote Originally Posted by Asiaprofit View Post
    Bener jg tuh gan..
    tapi keknya yang bisa paling laku kalau bisnis kaca mata it di dalam mall ya..
    karna disitu yg ane liat yg lebih ramai..
    jelas lah gan , namanya aja mall, tentu rame
    tapi bukannya disana banyak pesaing juga ya gan
    jadi harus pinter2 promosi

  5. #5
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    97
    lagian kalau wmenurut ane rata2 orang kalau cari kacamata pasti udah tau harus kemana biasanya sich di optik melawai..
    karna itu yg palinggede menurut ane..
    jadi kalau kt buka lagi sendiri di mall ane rasa krg gtu jalan..
    kcuali kt buka di bebetapa pasr traditional atau mini mall..

    dengan menawarkan test mata gratis jg kt udah bisa menarik beberapa buyer buat dateng ke toko kt..

  6. #6
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    204
    ane setuju banget sama postingan di atas..
    kalau mau dibuka di ruko2 dan sekitarnya, dan hanya bermodalkan promo cek mata gratis pasti ada beberapa deh yang kecantol buat beli kacamata ataupun soflent dsb..

  7. #7
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    100
    Quote Originally Posted by juniormaster View Post
    ane setuju banget sama postingan di atas..
    kalau mau dibuka di ruko2 dan sekitarnya, dan hanya bermodalkan promo cek mata gratis pasti ada beberapa deh yang kecantol buat beli kacamata ataupun soflent dsb..
    Haha
    Ok juga tuh gan triknya
    Tapi harus ada modal lebih dunk buat ngadain cek mata gratis gitu

    Apa nantinya nggak malah rugi??
    Kan nggak sedikit uang yang harus dikeluarkan buat cek mata gitu

  8. #8
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    204
    Quote Originally Posted by pedopil View Post
    Haha
    Ok juga tuh gan triknya
    Tapi harus ada modal lebih dunk buat ngadain cek mata gratis gitu

    Apa nantinya nggak malah rugi??
    Kan nggak sedikit uang yang harus dikeluarkan buat cek mata gitu
    mungkin mksd agan ini modal untuk beli mesin check matanya x ya..?
    soalnya setau ane smua tmpt kacamata pasti ada de alat buat check matanya..
    kalau ndak ada ntr kalau ada yg mau buat kaca mata gimana dong..?

  9. #9
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    banyumas
    Posts
    146
    wah bagus nih gan, kacamata sekarng banyak digunain, buat sekedar gaya ampe yang benar benar butuh

    Rata2 banyak tuh anak muda mudi yang pake kacamata buat gaya gayaan
    bner jg gan...skarng kaca mata bnyk sekali yg pakai....baik untuk kalangan tua,dewasa,remaja,dn jg anak2....tp fungsinya jls beda2...ad yg hanya buat gaya2an ad jg yg hrs pakai buat baca ato menulis.....memang peluangnya besar....tp modalnya besar pa tk gan..........

  10. #10
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    204
    Quote Originally Posted by joker View Post
    bner jg gan...skarng kaca mata bnyk sekali yg pakai....baik untuk kalangan tua,dewasa,remaja,dn jg anak2....tp fungsinya jls beda2...ad yg hanya buat gaya2an ad jg yg hrs pakai buat baca ato menulis.....memang peluangnya besar....tp modalnya besar pa tk gan..........
    Ane rasa sich modalnya ya lumayan Gan..
    Tapi masalahnya kalau kita mau masukin ke mall2 ane rasa ndak bakal bisa tarung sama optik2 yg udah besar..
    Makanya kita hanya bisa incer mall2 kecil atau mungkin di pasar2..

  11. #11
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    114
    kalo mudahnya si kaya pengalaman temen2

    di bikin reseller gan, gak musti punya optik tapi kita bisa jual kacamata

    atau nyaranin orang buat beli kacamata ke teman kita yang punya optik

    dan kita daper fee dr itu

  12. #12
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    100
    Quote Originally Posted by toples View Post
    kalo mudahnya si kaya pengalaman temen2

    di bikin reseller gan, gak musti punya optik tapi kita bisa jual kacamata

    atau nyaranin orang buat beli kacamata ke teman kita yang punya optik

    dan kita daper fee dr itu
    Bener juga kata agan
    Jadi saling menguntungkan gitu
    Kita bisa dapet fee juga
    Lagian kalau cuma nyaranin gitu kita kan nggak perlu modal
    Cuman yang penting mau promosi aja
    Sip dah idenya

  13. #13
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    114
    Quote Originally Posted by pedopil View Post
    Bener juga kata agan
    Jadi saling menguntungkan gitu
    Kita bisa dapet fee juga
    Lagian kalau cuma nyaranin gitu kita kan nggak perlu modal
    Cuman yang penting mau promosi aja
    Sip dah idenya
    ya reseller yang baik ya gt kan

    gak cuman ngasih saran tp juga mantu kalo lagi ada masalah

    jangan langsung lepas tangan giru aja

    biar kalo konsumen puas bisa menjadi senjata

  14. #14
    sepertinya kalau kita demonstrasi kaca mata gaul ke anak" ABG/ababil bisa jadi banyak peminat nya ya
    apa lagi dengna warna" cerah pasti banyak yang melirik

  15. #15
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    banyumas
    Posts
    146
    sepertinya kalau kita demonstrasi kaca mata gaul ke anak" ABG/ababil bisa jadi banyak peminat nya ya
    apa lagi dengna warna" cerah pasti banyak yang melirik
    pasto dong gan......kayaknya pemintnya bnyk yg dr kaum muda....karena mungkin buat gaya2 az ato yg lain...tp kalau ortu biasanya untuk hal2 yg pnting...................

  16. #16
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    114
    Quote Originally Posted by TeBsZzz View Post
    sepertinya kalau kita demonstrasi kaca mata gaul ke anak" ABG/ababil bisa jadi banyak peminat nya ya
    apa lagi dengna warna" cerah pasti banyak yang melirik
    kalo buat anak2 gaul mungkin gak perlu usaha optik kayaknya gan

    tergantung mau jual kacamata cuman hias atau kacamata minus dan plus

    kalo minus plus baru bikinya optik kalo emang mau bisnis di bidang kayagini

  17. #17
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    204
    Quote Originally Posted by toples View Post
    kalo buat anak2 gaul mungkin gak perlu usaha optik kayaknya gan

    tergantung mau jual kacamata cuman hias atau kacamata minus dan plus

    kalo minus plus baru bikinya optik kalo emang mau bisnis di bidang kayagini
    wah bener jg sich kan ndak harus kacamata minus yach..
    kaca mata gaul2 pun bisa jg dijadikan bisnis..
    tapi ane rasa kalau namanya optik harus sediain deh kacamata minus2 ataupun soflen2 soalnya kalau hanya jual kacamata gaul biasanya di dalem mall2 kan jg udah banyak yg jual and namanya bukan optik..

  18. #18
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    luveas | toples |Me
    Posts
    112
    Quote Originally Posted by juniormaster View Post
    wah bener jg sich kan ndak harus kacamata minus yach..
    kaca mata gaul2 pun bisa jg dijadikan bisnis..
    tapi ane rasa kalau namanya optik harus sediain deh kacamata minus2 ataupun soflen2 soalnya kalau hanya jual kacamata gaul biasanya di dalem mall2 kan jg udah banyak yg jual and namanya bukan optik..
    ya kalau kacamatan min yang gaul si mang ada gan
    tetep bikinya di optik tapi, kan perlu surat surat juga

    tp kalo yang cuman hias banyak di pedagang kakilima
    tapi yang pasti branded yang abal abal

  19. #19
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Waitlist Corp
    Posts
    302
    Quote Originally Posted by pedot View Post
    ya kalau kacamatan min yang gaul si mang ada gan
    tetep bikinya di optik tapi, kan perlu surat surat juga

    tp kalo yang cuman hias banyak di pedagang kakilima
    tapi yang pasti branded yang abal abal
    memang kebanyakan untuk kaca mata yang buat minus kan harus dioptik gitu kan gan..dan pembuatannya juga menurut kebutuhan sang pembuat nantinya..
    untuk kaca mata hias disupermarket biasanya juga banyak yang jualan dibagian accesoris gitu

  20. #20
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    204
    Quote Originally Posted by black_crows View Post
    memang kebanyakan untuk kaca mata yang buat minus kan harus dioptik gitu kan gan..dan pembuatannya juga menurut kebutuhan sang pembuat nantinya..
    untuk kaca mata hias disupermarket biasanya juga banyak yang jualan dibagian accesoris gitu
    Tapi kalau untuk ane pribadi sich kalau untuk mencari kacamata minus ya harus ke optik..
    karna disana kita bisa check dlu kondisi mata kita baru membeli kacamata yg pas untuk kita..
    kalau hanya untuk beli sekedar di supermarket mungkin itu untuk hanya sekedar beli model saja..

  21. #21
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Waitlist Corp
    Posts
    302
    Quote Originally Posted by juniormaster View Post
    Tapi kalau untuk ane pribadi sich kalau untuk mencari kacamata minus ya harus ke optik..
    karna disana kita bisa check dlu kondisi mata kita baru membeli kacamata yg pas untuk kita..
    kalau hanya untuk beli sekedar di supermarket mungkin itu untuk hanya sekedar beli model saja..
    memang untuk pembuatan kaca mata minus harus dateng langsung ke optik gan karena kan langsung diperiksa matanya
    memang kebanyakan juga kalau disupermarket ya kaca mata buat fasion aja tapi kadang ada juga optik yang menembus ke supermarket jgua..

  22. #22
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    100
    Quote Originally Posted by black_crows View Post
    memang untuk pembuatan kaca mata minus harus dateng langsung ke optik gan karena kan langsung diperiksa matanya
    memang kebanyakan juga kalau disupermarket ya kaca mata buat fasion aja tapi kadang ada juga optik yang menembus ke supermarket jgua..
    Mksdnya menembus ke supermarket ntuh gimana gan..?
    Di supermarket ada toko kacamatanya atau mksdnya di supermarket sediain untuk penjualan kaca mata minus Gan..?
    soalnya emang udah pasti sich kalau misalnya mau cari kacamata yg mines pastinya akan lsg ke optik..

  23. #23
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    92
    Quote Originally Posted by Psy-Chopas View Post
    Mksdnya menembus ke supermarket ntuh gimana gan..?
    Di supermarket ada toko kacamatanya atau mksdnya di supermarket sediain untuk penjualan kaca mata minus Gan..?
    soalnya emang udah pasti sich kalau misalnya mau cari kacamata yg mines pastinya akan lsg ke optik..
    Iya gan
    Emang sekarang ada juga di supermarket bagian yang menjediain tempat khusus yang menjual kacamata minus kayak gitu

    Tapi kebanyakan emang yang dijual adalah kacamata buat fashion fashion gitu
    Soalnya banyak yang minat pake kacamata cuman buat narsis

  24. #24
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Waitlist Corp
    Posts
    302
    Quote Originally Posted by Psy-Chopas View Post
    Mksdnya menembus ke supermarket ntuh gimana gan..?
    Di supermarket ada toko kacamatanya atau mksdnya di supermarket sediain untuk penjualan kaca mata minus Gan..?
    soalnya emang udah pasti sich kalau misalnya mau cari kacamata yg mines pastinya akan lsg ke optik..
    ya kadang kadang kan ada stand suatu optik ternama yang masuk ke supermarket gitu gan,jadi mereka memang sengaja membuka stand disana karena ga menutup kemungkinan kan kalau disupermarket kan ramai banyak orang yang datang dan bisa langsung cek atau periksa jika diperlukan..

  25. #25
    Regular Member
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    world wide web
    Posts
    162
    tapi klo optik modal nya gede yah gan.. dan harus ada ilmu juga nih gan buat buka optik ini ... dan juga harus ada alat - alat optik seperti pengetes mata dll..

    tapi ane yakin nih untung juga ga kecil.. soalnya kaya frame2 itu sebenernya di mark-up nya tinggi banget

  26. #26
    Regular Member
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    100
    Quote Originally Posted by posthink View Post
    tapi klo optik modal nya gede yah gan.. dan harus ada ilmu juga nih gan buat buka optik ini ... dan juga harus ada alat - alat optik seperti pengetes mata dll..

    tapi ane yakin nih untung juga ga kecil.. soalnya kaya frame2 itu sebenernya di mark-up nya tinggi banget
    Pastinya menurut ane jg ndak akan bisa maen langsung buka optik aja dech..
    pasti ada pembelajarannya dlu biar bisa buka optik seperti ini..
    contoh seperti kt mau tau berapa minus dari mata orang kek gini2 kan harus belajar dlu pastinya..

    Selain untungnya ndak kecil..
    menurut ane cross sellnya jg gede di optik..
    Contoh orang beli kacamata bisa di tawarin soflen dari soflen bisa beli air cuci matanya..

  27. #27
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by Co-Mummyz View Post
    Pastinya menurut ane jg ndak akan bisa maen langsung buka optik aja dech..
    pasti ada pembelajarannya dlu biar bisa buka optik seperti ini..
    contoh seperti kt mau tau berapa minus dari mata orang kek gini2 kan harus belajar dlu pastinya..

    Selain untungnya ndak kecil..
    menurut ane cross sellnya jg gede di optik..
    Contoh orang beli kacamata bisa di tawarin soflen dari soflen bisa beli air cuci matanya..
    iya gan, bisa banyak jenis gan, bisa banayk usah adari modal kayagini gan, buka optik lama lama menjalar kemana aja gan,bisA TES mata gratis duluan gan, bisa cek plus ort minus gan gitu,

  28. #28
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by yan0suke View Post
    iya gan, bisa banyak jenis gan, bisa banayk usah adari modal kayagini gan, buka optik lama lama menjalar kemana aja gan,bisA TES mata gratis duluan gan, bisa cek plus ort minus gan gitu,
    kaloo mau buka usahaa ini hars punya keahliiah dulu dong,, soal'a xan untuk menghitung ke akuratan berapa minus atau plus'a mata ga bisa sembarangan gan,,,kaloo cuma sembarangan sieh nanti bisa fatal akibatnya,,

    emang sieh bisnis ini lmyan ged untung'a..

  29. #29
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    87
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    kaloo mau buka usahaa ini hars punya keahliiah dulu dong,, soal'a xan untuk menghitung ke akuratan berapa minus atau plus'a mata ga bisa sembarangan gan,,,kaloo cuma sembarangan sieh nanti bisa fatal akibatnya,,

    emang sieh bisnis ini lmyan ged untung'a..
    y setuju gan,,,perlu keahlian dalam menjalankan bisnis ini,klo kita tidak memiliki keahlian itu nanti kan berakibat patal,,,,

    emang bisnis ini lumayan gede untungnya tapi kan modalnya juga tidak sedikit,n perlu keahlian khusus juga......

  30. #30
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by gilang permana View Post
    y setuju gan,,,perlu keahlian dalam menjalankan bisnis ini,klo kita tidak memiliki keahlian itu nanti kan berakibat patal,,,,

    emang bisnis ini lumayan gede untungnya tapi kan modalnya juga tidak sedikit,n perlu keahlian khusus juga......
    yupz... tapii kaloo buka optik bwat mata yang bermasalah(mata minus atau plus) sieh mungkin ga tiap harii dapet pelanggan gan,,,kita juga bisa jualan kaca mata muat modiss gan xan lagii musimm tuhh..

  31. #31
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    yupz... tapii kaloo buka optik bwat mata yang bermasalah(mata minus atau plus) sieh mungkin ga tiap harii dapet pelanggan gan,,,kita juga bisa jualan kaca mata muat modiss gan xan lagii musimm tuhh..
    oke juga tu gan, bisa juga kalo ga ada pelanggan buat ngisi waktu optik kita taroh deh tu kafe ato apa sejenisnya jadi wat member optik atau pelanggan setia kita bisa kasih deh tuh diskon kalo mau makan di kafe itu nantinya gan

  32. #32
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by yan0suke View Post
    oke juga tu gan, bisa juga kalo ga ada pelanggan buat ngisi waktu optik kita taroh deh tu kafe ato apa sejenisnya jadi wat member optik atau pelanggan setia kita bisa kasih deh tuh diskon kalo mau makan di kafe itu nantinya gan
    iyaa gan bener tu,, sekalian nunggu kaca mata jadi bis nunggu sambil ngopii ngopii dulu..

    seruu ituu pastii gan :P

  33. #33
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    iyaa gan bener tu,, sekalian nunggu kaca mata jadi bis nunggu sambil ngopii ngopii dulu..

    seruu ituu pastii gan :P
    iyap gan bner banget, bisa cuci mata pula gan

  34. #34
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    in my head
    Posts
    704
    usaha yang memang bagus dan sepertinya memiliki banyak laba di setiap penjualanya
    cz masih dinilai barang mewah (tidak setiap orang punya)
    yang penting pintar2nya optik bisa ngrayu2 orang buat beli di situ

  35. #35
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    Quote Originally Posted by autobot View Post
    usaha yang memang bagus dan sepertinya memiliki banyak laba di setiap penjualanya
    cz masih dinilai barang mewah (tidak setiap orang punya)
    yang penting pintar2nya optik bisa ngrayu2 orang buat beli di situ
    bener gan,,, ane klo frame kacamata patah aja gantinya mahal.

  36. #36
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    belajar ilmu optiknya dimana ya gan ????

  37. #37
    Moderator in training
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    MetBis.com
    Posts
    656
    saya download file lampirannya dulu aja pak
    biar nanti dipelajari sendiri

  38. #38
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    in my head
    Posts
    704
    Quote Originally Posted by sunshiners View Post
    bener gan,,, ane klo frame kacamata patah aja gantinya mahal.
    Quote Originally Posted by sunshiners View Post
    belajar ilmu optiknya dimana ya gan ????
    ya begitulah gan

    tapi kalo mahal memang bahanya yang bagus

    kalo pelatihan mungkin magang aja ya di optik

  39. #39
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by autobot View Post
    ya begitulah gan

    tapi kalo mahal memang bahanya yang bagus

    kalo pelatihan mungkin magang aja ya di optik
    iaa gan sekarang udaa banyak model model frame kaca mta yang unik" ..

    nah yang unik unik ini biasanya harganya lebih mahal coz detail pembuatan'a lebih sulit

  40. #40
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    in my head
    Posts
    704
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    iaa gan sekarang udaa banyak model model frame kaca mta yang unik" ..

    nah yang unik unik ini biasanya harganya lebih mahal coz detail pembuatan'a lebih sulit
    ya gt lah gan

    masih jarang yang pake

    kan juga sesuai kebutuhan juga orang pake kacamata

    kalo buat keseharian pasti nyari yang kualitase bagus

  41. #41
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by autobot View Post
    ya gt lah gan

    masih jarang yang pake

    kan juga sesuai kebutuhan juga orang pake kacamata

    kalo buat keseharian pasti nyari yang kualitase bagus

    tapi kaloo kacamata yang cuma hiasan sieh bnyak yang pakee :P

    xan sekarang artis" juga banyak yang pake,, biasanya kaloo artiss bnayk yang make pasti orang" pada ngikutin :P

  42. #42
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    in my head
    Posts
    704
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    tapi kaloo kacamata yang cuma hiasan sieh bnyak yang pakee :P

    xan sekarang artis" juga banyak yang pake,, biasanya kaloo artiss bnayk yang make pasti orang" pada ngikutin :P
    iya juga si gan

    ya intinya kalo emang branded ya pasti murah

    kalo tiruan atau merk2 yang gak terkenal ya paling hargane murah

  43. #43
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    207
    Quote Originally Posted by autobot View Post
    iya juga si gan

    ya intinya kalo emang branded ya pasti murah

    kalo tiruan atau merk2 yang gak terkenal ya paling hargane murah


    sekarang ga perluu barang brandded gan ..

    murahan juga ga msalah,, yang penting punya trus ssama kaya artis idolaa

  44. #44
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    in my head
    Posts
    704
    Quote Originally Posted by bekool_ View Post
    sekarang ga perluu barang brandded gan ..

    murahan juga ga msalah,, yang penting punya trus ssama kaya artis idolaa
    memang si sekarang juga banyak barang tiruan yang gak kalah kualitase

    tapi kan kadang ada juga orang yang memikirkan barang branded itu lebih cool

    dan lebih PD

  45. #45
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    Quote Originally Posted by autobot View Post
    memang si sekarang juga banyak barang tiruan yang gak kalah kualitase

    tapi kan kadang ada juga orang yang memikirkan barang branded itu lebih cool

    dan lebih PD
    tapi buat barang branded gitu mahal banget gan . . .

  46. #46
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    141
    Quote Originally Posted by sunshiners View Post
    tapi buat barang branded gitu mahal banget gan . . .
    ya jgn yg mahal-mahal gan yg murh tp berkualias kan bagusn

  47. #47
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    Quote Originally Posted by inuyink View Post
    ya jgn yg mahal-mahal gan yg murh tp berkualias kan bagusn
    yah itu sama aja buka barang branded asli gan. tapi KW super . . .

  48. #48
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    gank depan hatimu
    Posts
    332
    Quote Originally Posted by inuyink View Post
    ya jgn yg mahal-mahal gan yg murh tp berkualias kan bagusn
    kalo yang murah tapi maunya kualitas bagus ya gak ada gan.......keculi tu barang sekenan

  49. #49
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by shery View Post
    kalo yang murah tapi maunya kualitas bagus ya gak ada gan.......keculi tu barang sekenan
    haha, aneh kalo murah tapi berkualitas, kalo lagi obralmungkin dapet gan

  50. #50
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    141
    Quote Originally Posted by yan0suke View Post
    haha, aneh kalo murah tapi berkualitas, kalo lagi obralmungkin dapet gan
    loh emangnya gag ada gan ya pasti'y da lah gan mksd'e yg gag klh sama ori'y gitu

  51. #51
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by inuyink View Post
    loh emangnya gag ada gan ya pasti'y da lah gan mksd'e yg gag klh sama ori'y gitu
    iya gan tapi apa kudu barang kw trus agan kuying apa mau beli barang kw trus?

  52. #52
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    141
    Quote Originally Posted by yan0suke View Post
    iya gan tapi apa kudu barang kw trus agan kuying apa mau beli barang kw trus?
    ya klo bagus kenapa gag gan asal'kan gag kelihatan kw'y heheh

  53. #53
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    hatimu
    Posts
    328
    Quote Originally Posted by inuyink View Post
    ya klo bagus kenapa gag gan asal'kan gag kelihatan kw'y heheh
    haha. iya juga c agan kuying, ane c mending barang murah aja, yang penting ori,wkkk

  54. #54
    Regular Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    141
    Quote Originally Posted by yan0suke View Post
    haha. iya juga c agan kuying, ane c mending barang murah aja, yang penting ori,wkkk
    muka km jg KW yah ..mana ada harga murah trs ori agan itu mimpi apa yah

  55. #55
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    Quote Originally Posted by inuyink View Post
    muka km jg KW yah ..mana ada harga murah trs ori agan itu mimpi apa yah
    hahaha...
    baru bangun tidur atau lagoi ngigo kali gan pas ngepost.

  56. #56
    Moderator in training
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    MetBis.com
    Posts
    656
    kalo kacamata optik untuk kesehatan kayaknya lebih sedikit pemakainya.
    kebanyakan sekarang kacamata di gunakan sebagai fashion,
    bahkan kontak lens pun di gunakan untuk fasihon
    metbis.com << PTP Indonesia

    Double Post, Tri Post, dst Tidak Di Hitung ( gunakan Multi quote )
    Dilarang Post Link Referral

  57. #57
    Junior Member
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    684
    Quote Originally Posted by rifqi View Post
    kalo kacamata optik untuk kesehatan kayaknya lebih sedikit pemakainya.
    kebanyakan sekarang kacamata di gunakan sebagai fashion,
    bahkan kontak lens pun di gunakan untuk fasihon
    iya gan, narisis abis...
    padahal kacamata kesehatan buknnya lebih penting ya gan, kaya contohnya kacamata supersin.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •